3.26.2016

FAQ: Pertumbuhan Bayi Prematur part.1 NICU

Udah lama sebenernya mau nulis tentang hal ini tapi nunggu Arman 2 tahun dulu. Sekarang pun anaknya baru 2 tahun kurang 2 bulan sih. Maka dari itu dicicil nulis dulu deh sis. Oya, kenapa 2 tahun?? Karena setelah 2 tahun no more corrected age.. Si preterm baby udah dianggap bisa mengejar ketertinggalan dengan fullterm baby.

Hal pertama yang akan saya bahas adalah... NICU.

Perlukah bayi prematur masuk NICU? Apa itu NICU? Dan apa yang harus saya lakukan kalau bayi saya masuk NICU?

NICU singkatan dari Neonatal Intensive Care Unit atau ruang perawatan intensif khusus untuk bayi yang baru lahir. Yang dirawat di NICU ga cuma bayi prematur (yang berat lahirnya kurang dari 2 Kg), bayi fullterm yang kuning (jaundice) atau bayi yang mengalami gangguan tertentu yang butuh perawatan intensif juga dirawat di NICU.

Sebenernya masalah penting ga penting preterm baby dirawat di NICU adalah masalah hepeng slash duit slash uang, saudara-saudara. Yes! Biaya perawatan di NICU Masya Allah mahalnya, Sis. Kalo menurut saya penting nggaknya, balik lagi ke kesiapan orang tua. Kalo bayinya sehat meskipun lahir prematur bisa aja dibawa pulang. Tapi biasanya orang tua yang punya bayi prematur biasanya udah down duluan mentalnya. Jadi sambil nunggu kesiapan orang tua, bayinya dirawat dulu deh sama rumah sakit. Biasanya bayi prematur boleh dibawa pulang jika bayi udah mengalami kenaikan berat badan yang signifikan atau sampai kondisi bayi stabil.



Kira-kira begini kenampakan bayi prematur yang dirawat di inkubator di rumah sakit.



Tips kalo si baby dirawat di NICU:
- siap mental
- siap uang
- disehat-sehatin! meskipun sakit abis melahirkan si ibu dilarang manja.
- ada breastpump, karena tugas utama si ibu selama bayinya di NICU adalah nyetok asip. Ada cerita nyebelin nih masalah breastpump, waktu itu ada ibu2 yang pengen pinjem breastpump saya dengan alasan dia ga mau rugi karena temen2nya udah janji mau ngasih kado breastpump. Duh! It's like... Hello?!!! (Maap curcol!!!)
- sedia nipple cream karena pasti puting lecet2 (bisa kamillosan atau nipple cream pigeon, medela, mothercare, dr brown's atau lainnya)
- pastikan ibu/ayah ga oversweating ya, karena bakalan kangoroo care sama si bayi
- siapin playlist yang bikin moodboosting selama pumping
- suami siaga buat nganter2

Dulu saya hampir bawa pulang anak saya lebih cepet karena ketar-ketir sama biayanya meskipun udah ditanggung asuransi. Waktu itu sempet pengen pinjem inkubator gratis dari Prof Koestoer dari FTUI, tapi ga jadi karena keluarga saya belum siap buat nampung si bayi mungil di rumah (yanasib masih numpang!)
Nah, alternatif untuk perawatan bayi prematur  di NICU adalah pinjem inkubator dari UI. Info tentang inkubator gratis bisa baca di link ini.
Saya malah rekomen pinjem inkubator karena setidaknya si ibu jadi agak tenang karena bisa serumah sama si bayi. Tapi dengan catatan bayinya ga ada gangguan kesehatan lho ya! Pengalaman saya kemarin waktu bocil di NICU,  perasaan ga pernah tenang. Tiap malem mewek, trus capek tiap hari mondar-mandir ke rumah sakit, waktu menyusuinya dibatesin, dan agak malesin juga sih sama dokternya.


Atau alternatif lain adalah bikin inkubator darurat seperti gambar di bawah ini. Nah, tetangga saya ada lho yang bikin inkubator kaya gini. Malah dikasih juga botol yang diisi air di setiap sisi akuarium (iya, bayinya ditaro dalam akuarium bukan kardus). Alhamdulillah anaknya sehat walafiat, sekarang itu anak udah SMA.
(sumber gambar: https://koestoer.wordpress.com/2013/09/03/inkubator-penghangat-bayi-darurat/)
Segitu dulu deh part 1 dari saya. 

0 comment:

Post a Comment

Thank you for sharing your thoughts ☺