10.08.2014

Imunisasi di Rumah Vaksinasi

Karena berat untuk syarat imunisasi adalah > 2,2 kg maka begitu lahir Arman ga langsung diimunisasi. Dia baru diimunisasi kira2 1,5 bulan kemudian, yang pada waktu itu beratnya sekitar 2,85 kg. Jadwal imunisasi Arman mengikuti jadwal IDAI tahun 2011 karena di Rumah Sakit Margonda Depok-tempat Arman lahir *ahaaa nyebut merek juga gua* masih pakai jadwal imunisasi tahun 2011. Berikut jadwalnya.

Sampai imunisasi dpt-hib-polio 1, Arman masih imunisasi di RS Bunda Depok. Tetapi setelahnya, atau setelah 3 bulan, Arman imunisasi di Rumah Vaksinasi Kebagusan. Alasan saya pindahin tempat imunisasi karena udah empet sama bunda, hahaha. Antriannya itu lhoo jeeng! Poli anak kalo sabtu itu udah kayak sekolah tk. Ramenya minta ampun. Saya ambil antrean jam 7 pagi baru dapet giliran jam 1 siang. Udah gitu DSAnya sering banget ngaret jadi di dalam tidak bisa konsul. Setelah selesai disuntik suster akan manggil nomor antrean berikutnya. Males banget kan udah bayar mahal-mahal tapi ga bisa konsultasi. Selain itu, biaya charge dokter dan klinik di sana mihil bingit, sekitar 250.000-an gitu.
Buletlah keputusan untuk pindah ke Rumah Vaksinasi Kebagusan. Karena di sana ga ada charge dokter dan klinik. Tempatnya juga relatif sepi. Plus, hari minggu buka dan deket banget dari rumah. Oia di RV Kebagusan, dokternya-Dr.Ferina Rachmi- adalah dokter umum bukan DSA, tetapi ga masalah sih menurut saya. Kalau mau konsul gratis ke DSA bisa tanya ke twitter @DrOei, hehehe. Btw, ini daftar harga vaksin di RV. Karena ada daftar harganya jadi untuk imunisasi berikutnya kita udah tau deh kira-kira habis berapa. Selain imunisasi, di RV Kebagusan juga melayani jasa konsultasi dengan dokter umum, dokter anak, konsultasi dengan konselor laktasi, tindik kuping, dan sunat perempuan. Jika konsultasi dibarengi dengan imunisasi, biaya konsulnya free.

Sampai saat ini Arman udah dua kali imunisasi di RV kebagusan, yaitu PCV I dan dpt-hib-polio II. Kalau mengacu dengan jadwal imunisasi di atas, Arman ga diimunisasi rotavirus karena udah telat. Untuk imunisasi rota paling lambat diberikan pada bayi usia 14 minggu. Yah.. meneketehe, di bunda ga pernah dijadwalkan untuk rota jadi saya ga tau. Yaudah deh diskip jadinya. Pemberian imunisasi rota memang tujuannya untuk melindungi bayi-bayi muda dari diare jadi kalau diberikan untuk bayi >14 minggu pemberian vaksinnya sudah tidak efektif.

Bulan depan Insya Allah Arman imunisasi PCV II. Semoga gak demam ya dek!!!!!!
Wajah Arman sebelum disuntik:D

1 comment:

Perindu Jannah-Nya said...

Bund, mau dong daftar harga utk vaksin nya

Post a Comment

Thank you for sharing your thoughts ☺